Berita Unik

Oppo Kalahkan Penjualan iPhone di China


oppo-r9-f1-plus-vs-iphone-6s

 

Sang Juara Bertahan Telah Kandas

Semua kaget untuk hal langka, iPhone 6s ternyata gagal memuncaki jajaran smartphone terlaris di China tahun 2016! Padahal, sejak lima tahun lalu, iPhone tak pernah gagal dan selalu bertahan menjadi smartphone terlaris di negeri itu. Tetapi kekalahan iPhone 6s tahun ini dianggap pantas, sebab pesaingnya adalah Oppo R9 (atau Oppo F1 Plus di Indonesia). Smartphone yang mengusung tagline sebagai Selfie Expert ini memuncaki penjualan dengan total 17 juta unit terjual tahun 2016. Sedangkan iPhone hanya terjual 12 juta unit berdasarkan laporan terbaru dari Counterpoint Research.

Kunci kekalahan telak iPhone 6s adalah minimnya fitur terbaru smartphone masa kini. Yaitu layar OLED, Fast-Charging, baterai besar dan kemampuan dual kamera mumpuni. Sial untuk iPhone, semua fitur tersebut sudah dimiliki Oppo R9.

Tetapi bukan hanya kekurangan iPhone 6s, strategi penjualan Oppo pun patut diacungi jempol. Salah satu penjual ponsel di China seperti dilansir Detik Inet menyebutnya dengan strategi penjualan “bombardir”. Oppo tak segan-segan mengeluarkan dana untuk iklan billboard, video, televisi, dan bekerja sama dengan artis yang sedang digandrungi anak muda. Alhasil, kunci utama Apple untuk merebut pasar China kembali ada di iPhone 8. Bila smartphone tersebut memiliki fitur yang bisa memuaskan pasar, bukan tak mungkin iPhone akan menjadi nomor satu kembali. Tetapi jangan remehkan juga senjata rahasia dari Oppo di tahun ini. Kita tunggu saja bagaimana jadinya kelanjutan pertarungan mereka.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *